Jumat, 06 Oktober 2017

AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI


PENGERTIAN AUDIT
            Audit adalah proses sistematis dan terdokumentasi untuk mengevaluasi atau memeriksa secara objektif terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar.

PENGERTIAN TEKNOLOGI
            Kata teknologi bermakna pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi terdiri dari kata sistem dan informasi
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. 

Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga memiliki arti.

Jadi Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.

PENGERTIAN AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI
Audit teknologi informasi atau information systems (IS) adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Istilah lain dari audit teknologi informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah mencapai target organisasinya.

FENOMENA ERA SISTEM INFORMASI

Fenomena sistem informasi sekarang ini salah satunya adalah dapat tersebarnya suatu informasi ke seluruh dunia dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh adalah penyebaran berita hoax.

PERKEMBANGAN AUDIT SAAT INI


Para ahli mengatakan bahwa "Globalisasi ekonomi menuntut auditor untuk cepat beradaptasi dengan standar internasional". Namun di Indonesia masih banyak kesalahpahaman yang terjadi atas laporan auditor, karena fungsi audit tidak dipahami dengan benar.

  
REVIEW SOFTWARE AKUNTANSI
Software Akuntansi merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mempermudah aktivitas dan pencatatan Akuntansi. Satu contoh software akuntansi adalah MYOB Accounting Plus 13. MYOB (Manage Your Own Business) merupakan software akuntansi buatan Australia.

Kelebihan:
a.   Mudah dipahami karena disertai gambar dan ikon yang menunjukkan siklus akuntansi.
b.   Terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga mudah digunakan dalam editing dan modifikasi data atau  laporan.

Kekurangan:
    Dalam versi 13, digit angka yang tampil dalam MYOB hanya 11 digit (99 miliar), lebih dari 11 digit laporan harus di ekspor ke Excel agar semua angka bisa dilihat. Hal ini tentu mengurangi tingkat efisiensi kinerja perusahaan tersebut.






Sumber :
Zuhrawaty., Panduan dan Kiat Sukses Menjadi Auditor ISO 9001, Media Pressindo, Yogyakarta, 2009.
Y. Maryono & B. Patmi Istiana., Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cetakan Pertama, Yudhistira Quadra, 2007.
https://oren.co.id/id_ID/blog/oren-blog-1/post/era-perkembangan-teknologi-informasi-3
https://dailylakss.wordpress.com/tag/perkembangan-audit-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHASA INGGRIS BISNIS 2

TUGAS 2 EXERCISE 4 (PAGE 206) 1. (CORRECT) The fruits were rotting because of the moisture in the crates carrying them to market. 2. (...